MISI PEMIMPIN
Misi pemimpin merupakan perwujudan dari visi pemimpin, keduanya merupakan acuan utama dari segala perubahan perusahaan. jika visi merupakan keinginan pemimpin, maka misi adalah perwujudan dari keinginan pemimpin tersebut. misi menggambarkan perjalanan dari titik awal sehingga sampai dengan keadaan yang diharapkan. misi pemimpin merupakan arahan yang spesifik untuk merumuskan sasaran dan tujuan perusahaan. sasaran harus jelas secara gamblang, bukan hanya ide-ide yang bagus dan menarik saja.
sebagai contoh coca-cola pada tahun 1996 melakukan upaya pemasaran, seluruh penjualan di berbagai negara meningkat 9%, laba global meningkat 22% dan harga saham coca-cola meningkat menjadi 32% mengapa hal ini bisa terjadi? karna pada saat itu misi dan peraturan pelaksanaan di pilih
sangatlah tepat, dari berbagai ide yang masuk, bahkan ribuan ide dari yang sederhana, rumit hingga atraktif yang di terima, coca-cola melakukan misi dan pelaksanaan bagian pemasaran Olimpiade (pada saat itu terjadi event olimpiade di atlanta, tepatnya pada pusat coca-cola company) memungkinkan menyatukan sistem perusahaan dalam satu tema, satu penampilan dan sasaran. serta bekerja sama untuk mencapai hasil bisnis yang spektakuler. intinya sangat sederhana.
kebanyakan perusahaan tidak memiliki misi yang jelas untuk perjalanan kedepannya.. dalam lingkungan bisnis yang semakin berkembang pada saat ini, anda tidak hanya di tuntuk memiliki misi yang jelas, singkat, dan terdefinisikan dengan baik untuk keseluruhan perusahaan, namun setiap departemen juga perlu mengembangkan misi masing-masing yang merupakan identifikasi atas peranannya dalam memberikan dukungan pada sasaran perusahaan.
Misi pemimpin merupakan perwujudan dari visi pemimpin, keduanya merupakan acuan utama dari segala perubahan perusahaan. jika visi merupakan keinginan pemimpin, maka misi adalah perwujudan dari keinginan pemimpin tersebut. misi menggambarkan perjalanan dari titik awal sehingga sampai dengan keadaan yang diharapkan. misi pemimpin merupakan arahan yang spesifik untuk merumuskan sasaran dan tujuan perusahaan. sasaran harus jelas secara gamblang, bukan hanya ide-ide yang bagus dan menarik saja.
sebagai contoh coca-cola pada tahun 1996 melakukan upaya pemasaran, seluruh penjualan di berbagai negara meningkat 9%, laba global meningkat 22% dan harga saham coca-cola meningkat menjadi 32% mengapa hal ini bisa terjadi? karna pada saat itu misi dan peraturan pelaksanaan di pilih
sangatlah tepat, dari berbagai ide yang masuk, bahkan ribuan ide dari yang sederhana, rumit hingga atraktif yang di terima, coca-cola melakukan misi dan pelaksanaan bagian pemasaran Olimpiade (pada saat itu terjadi event olimpiade di atlanta, tepatnya pada pusat coca-cola company) memungkinkan menyatukan sistem perusahaan dalam satu tema, satu penampilan dan sasaran. serta bekerja sama untuk mencapai hasil bisnis yang spektakuler. intinya sangat sederhana.
kebanyakan perusahaan tidak memiliki misi yang jelas untuk perjalanan kedepannya.. dalam lingkungan bisnis yang semakin berkembang pada saat ini, anda tidak hanya di tuntuk memiliki misi yang jelas, singkat, dan terdefinisikan dengan baik untuk keseluruhan perusahaan, namun setiap departemen juga perlu mengembangkan misi masing-masing yang merupakan identifikasi atas peranannya dalam memberikan dukungan pada sasaran perusahaan.